Perjalanan Hemat 3 Day 2 Night to Singapore

Hai travelers!!!

Travel itu sangat menyenangkan apalagi jika dibarengi dengan kemampuan materil yang mumpuni. Tapi apa yang terjadi jika kita punya kondisi keuangan pas-pasan? Kita harus mengatur sedemikian rupa pengeluaran saat traveling. Nah berikut Eon akan sharing pengalaman Eon ke Singapore dengan budget yang minim.

Penerbangan

Untuk penerbangan memang merupakan komponen utama dalam traveling. Yaiyalah, klo gak pake pesawat, ya gak jadi travelingnya. Hal ini tergantung kenyamanan dan pilihan, factor yang paling penting juga adalah keberuntungan. BIasanya berbagai maskapai penerbangan memiliki strategi marketing tertentu, baik dengan promo, diskon dan poin.

Ketepatan waktu pemesanan adalah poin utama untuk mendapatkan harga yang murah, cari-cari tahulah info tiket promo dari berbagai maskapai. Kalo perlu kalian download aja aplikasi-aplikasi penerbangan, biar kalian dapet mengetahui tiket promo terupdate.

Pengalaman : Buat flight Eon bulan Oktober kemarin dapet tarif promo pesawat berangkat seharga 1,3 jt Rupiah PP (Pulang Pergi menggunakan Air Asia, mahal karena belinya terpisah waktunya)

Penginapan

Girls buat Eon sih klo penginepan yang penting bisa tidur hehe, karena saat itu juga dollar Singapore lagi tinggi harganya yaitu 11.400/Dollar SGD jadi kena imbas juga di penginapan. Waktu Itu Eon kena charge Rp 400.000 untuk 3 hari 2 malam (itu perorang ya, jadi keitung 200rb semalam) plus deposit $ 5 (tapi deposit bisa diambil pas pulang).

Waktu itu Eon nginep di Central 65 yang merupakan jaringan dari Reddoorz. Itu pun Eon ngambilnya yang 2 Beds In female 6 or 12 Bed Dormitory Room, jadi Eon tidur di semacam kayak kapsul gitu, ukurannya paling 1 m x 2 m, ada 12 tempat tidur dan 12 locker. Waktu itu Eon tidur di ruang atas jadi harus manjat kaya  monkehhh dlu klo mau bobo.

Tapi kalo menurut Eon itu tuh udah lumayan lah, soalnya deket MRT juga, AC nya poll di kamar, Kamar mandi lumayan lah, walau sedikit kotor, breakfastnya dikasih roti, butter dan susu segar. Penjaganya lumayan lah, bisa Bahasa melayu dan Inggris juga. Over all worth it lah sama harganya.

Transportasi

Nah ini nih klo buat yang mau jalan-jalan dengan mobilitas tinggi dalam jangka waktu 3 hari mending buat yang namanya Singapore Tourist Pass (STP), nanti di Changi Airport kamu bisa buat (STP) dengan tarif $30, tapi jika kamu mau pulang kamu bisa tukarkan kartu STP itu lagi di Changi senilai $10. STP bisa digunakan dengan kendaran umum Bus , MRT ataupun LRT sepuasnyaaaaa. Makanya klo kamu bakal keliling-keliling di Singapore buat STP ini sangat menguntungkan, daripada naik taxi / grab atau pake tarif normal.

Telekomunikasi

Pasti kamu gak mau mati gaya kan di SG, gak bisa update IG, Share foto traveling, gak bisa ngabarin kerabat kamu di Indo karena kena roaming internasional. Nah ini nih Eon kasih tips. Jikalau kamu travel bersama teman-teman kamu alangkah bijaknya jika yang beli paket data provider local cukup 1 orang saja, nah setelah itu tethering deh sama teman-teman. Karena biasanya Kuota yang disuguhkan untuk tourist lumayan gede loh seperti provider yang dipilih Eon nih, M1 yaitu 100 Gb untuk 7 hari, dengan harga di traveloka hanya 110.000 rupiah. Jadi semakin banyak teman yang pergi bersama, semakin sedikit patungannya. Sinyalnya kencang klo di jalan raya, hanya jika sudah masuk hostel jadi lemah. Tapi klo menurut Eon itu Worth it lah.

Rute Perjalanan (Itinerary)

Penting nih buat kalian Travelers nentuin rute yang akan kalian tuju tiap harinya. Hal tersebut bisa menghemat transport dan energi kalian. Beruntung banget nih Eon kesana sama temen Eon yang udah sering kesana jadi berasa di tour guide-in deh (Maacih ya Eonniekuh *o*). Buat Panduan kalian bisa searching lokasi pariwisata yang kalian mau kunjungin, lalu kalian golongkan deh itu tempat berdasarkan lokasinya. Golongkan yang mungkin kalian kunjungin sesuai sama waktu dan kekuatan kalian.

Perjalanan Eon

Eon nyampe di Changi Ariport jam 13.00 kemudian antri imigrasi bla bla bla, antri STP, dan kemudian ngambil kartu provider M1 di Terminal berapa ya lupa Eon.  Dari situ Eon dan teman Eon langsung menggeret koper ke MRT, langsung ke stasiun Jalan Besar, setelah keluar baru menghela nafas ternyata Singapore panas beut kayak di Jakarta hahhaa. Untungnya Hostel Eon gak jauh-jauh banget paling Cuma beberapa ratus meter dari Stasiun Jalan Besar.

Sesampainya di Hostel, Eon dan temen Eon Check in, dan ngasih deposit sebesar $10 untuk ber2. Syukurnya ternyata kamarnya adem beuttt, tapi kaget juga liat kapsul-kapsulannya pas banget segede badan Eon yang montok ini.

Trip Hari ke-1 dan Malam Ke-1

Jadi nih hari pertama Eon itu sibuk dengan pembuatan STP, beli provider dan beres-beres di Hostel hahahaa. Setelah istirahat dan ganti baju di Hostel, Eon dan teman Eon memulai perjalanan pertama Eon di SG. Tujuan Pertama itu nonton laser show di Marina Bay. Pertunjukan free  yang diadakan jam 7 dan 9 malam ini selalu jadi tujuan tourist-tourist yang datang ke SG. Para tourist sebelum jam 7 pun sudah duduk (Lesehan) di pinggiran Marina Bay. Waktu itu di sebelah Eon ada orang Thailand yang gak ngerti ngomong apa, trus belakang Eon ada Abg dari Korea, nerti lah dikit-dikit ngomong apa. Wah Pertunjukan ini worth it banget, apalagi gratis, kamu tinggal dating cepet dan cari spot enak.

Oh iya, setelah kamu keluar dari Stasiun Marina Bay kamu bakal ngelewatin dulu Marina Bay Sand, klo Eon sih sebelum nonton ke Circle K dlu beli cemilan buat nonton beli sandwich seharga $3.4 dan itu dimakan ber2 hahaha, beli Baverage Pokka seharga $2.1. Trus karena mallnya juga bagus, jadi Eon juga futu-futu cantik hehe.

Karena segitupun sudah Lelah Eon dan teman pun pulang kembali ke Hostel, dan istirahat.

Trip Hari Ke-2

Eon bangun jam 5 pagi nih ceritanya nyubuh takut kamar mandi penuh, kan sharing tuh, lalu siap-siap, breakfast di hostel yang ada, karena Eon takut kelaparan Eon minum susu yang banyak, juga makan  2 slice Roti.

Eon dan teman Eon rencananya ke Marlion buat liat Singa Ikan yang ada air mancurnya itu di Pagi hari biar gak panas, Eon dan teman Eon naik MRT sampe ke Raffles, eh Eon nemu toko buah lucu banget harganya murah mulai dari $1, Eon berhenti deh karena gak kuat ingin beli. Keluar dari stasiun, Eon ngeliat berbagai patung lucu di sekitar Fullerton Hotel, Eon Foto-foto deh, sekalian foto di jembatan yang di depannya.

Dari situ Eon dan teman Eon jalan kaki sampe Marina Bay, kaki ini sudah tak kuat rasanya hahaha, tapi gak ada kendaraan lain kecuali Grab, demi menghemat Eon menguatkan diri. Pagi itu terik banget, Eon aja sampe buka paying. Keringet sudah banjir, muka, badan pokonya wahhh basah. Akhirnya Patung Air Mancur Merlion  pun Tampak. Tapi, apa yang terjadi? Sepertinya sedang ada kunjungan bersama di Merlion penuh sangadh, apa tiap hari kayak gitu ya?

Lucunya pengalaman Eon, Para turis itu kayaknya minta tolong di fotoin, tapi Eon gak ngerti hahaha. Trus ada angle yang kurang dapet kayaknya jadi mereka minta foto lagi. Eon sama Turis itu berkomunikasi via telepati sama gerak tubuh, ngomong apa aja gak ngerti wkwkwkw. Akhirnya Eon sama temen Eon foto-foto deh hehehe.

Eon melanjutkan perjalanan, ditemani payung Eon berjalan setapak demi setapak melewati teluk itu wkwkwkwk bahasanya. Setiap langkah Eon foto dari mulai melewati the float Marina Bay, Helix Bridge, Art Science Museum, Sand Sky Park Observation Deck, sampai ke Garden By the Bay.

Scenery sebelum melewati Helix Bridge di Marina Bay

Garden By The Bay

Setelah dari Garden By The Bay, Eon dan teman Eon masuk  Stasiun  MRT  lagi menuju ke Sentosa Island. Eon naik MRT ke Vivo City, dari situ naik MRT lagi dengan biaya $4  biaya masuk Sentosa

Island. Untung temen Eon pinter, dan udah sering kesana hehe, jadi Eon ke lokasi terujung Sentosa Island dlu baru dari sana Eon jalan menuju Stasiun MRT terdekat. Pertama Eon ke Siloso Beach dulu, disana terlihat Pasir putih dengan laut biru yang lumayan memanjakan mata, walau memang terik sekaliiihhh. Kalian bisa melihat biawak liar disana hahaha. Disana buat yang mau menyewa juga ada sagway buat nganterin kamu keliling pantai, tapi di jalan ya bukan di pasir pantainya, oh iya eon juga foto-foto di depan gerbang tempat pertunjukan Wings of Time, Eon gak nonton soalnya harus malam dan mahil hehe..

Siloso Beach Singapore

Dari situ Eon jalan lagi ke sekitar Universal Studio, disana banyak sekali took-toko yang estetikanya ucul ucul. Eon gak kuat pengen foto haahaaa, disana puas-puasin deh foto-foto, apalagi di depan Universal studio wajibbb!!. Nah buat yang mau cari oleh-oleh juga di sekitar situ ada yang jual Garrett tuh, yang merupakan salah satu  oleh-oleh khas Singapura. Range harganya dari small $5 dan medium $8, untuk lebih lengkapnya kalian bisa browse deh update harga dan flavournya okay.

Dari situ tibalah sore hari, eon pun Pulang naik MRT. Tapi, sebelum pulang Eon ke Mustafa Centre dulu untuk beli oleh-oleh. Di Mustafa Centre ini terjual lengkap oleh-oleh singapura dari mulai milo cube, merlion chocolate, Alfredo Chocolate, Turkish delight, sampe balsam ada, pokonya barang-barang oleh-oleh, disana karena Eon beli oleh-oleh lumayan banyak, sekitar 7 Item Eon belanja senilai $ 36 (Jalan-jalannya mah ngirit tapi leh-olehnya mayan heuheu).

Dari situ tinggal jalan kaki deh ke Hostel , Karena lapar Eon makan dlu sama Pop Mie yang Eon bawa dari Indonesia hehe dan Eonni pun istirahat.

Trip Hari ke-3 waktunya Pulang

Seperti biasa subuh Eon dan teman bersiap-siap, sarapan tapi ditambah jadi 3 slice. Pagi ini buat mendapat hasil foto yang instagramable, Eon ke Haji lane. Haji lane itu seperti komplek pertokoan, tapi took-toko disana itu sangat unik-unik konsepnya, jadi cocok banget buat foto-foto. Eon juga jalan terus melalui Arab street menuju Mesjid Sultan, disekitar Mesjid Sultan juga kamu bisa melihat toko-toko souvenir. Seandainya kamu gak sempat ke Mustafa Centre kamu bisa beli disini, harganya mirip-mirip, Cuma gak seberagam di Mustafa.

Dr Sultan Eon naik MRT lagi dari Jalan Besar ke Jurong Lake. Eon Mau liat Chinese Garden dan Japanese Garden. Haduh ternyata ngelilingin Japanese Garden aja Eon sudah Lelah ahahhaa, asalnya Eon ma uke Orchard tapi gak kuat, dan seperti nya gak cukup waktunya, sebelum lanjut Eon beli makan dulu di Cheers, beli spaghetti yang harganya $2.4. Oh iya tapi Eon sempet-sempetin buat beli Chocolate Royce (tau gak kenapa, Eon tergoda sama Do Bong Soon di Strongest Woman Doo Bong Soon wkwkwkw)tapi harganya lumayan $ 15 yah gpp lah heuheu, abis pengen. Eon harus check in pesawat jam 5 sore karena akan naik penerbangan jam 7 malam. Eon dan teman Eon Ke Changi lagi dan nukerin STP.

Dan Akhirnya Eon pulang deh hehehe, nah klo dihitung-hitung Eon ngabisin Rp. 1.700.000 selama 3 hari 2 malam disana (include hostel, transport dan oleh-oleh, exclude Flight). Klo Hostel dan flight itu mah tergantung kalian ya, klo mau  yg lebih murah ada, yg lebih atas ada, oleh-oleh pun segimana kalian hehe, Eon sharing aja pengalaman Eon hehe.

Tips n Trik :

  1. MInum : Karena disana air minum lumayan mahal kalo di mini market bias $2 (padahal bias beli 2 potong besar buah di toko buah), kalian mending ngisi air minum di Hostel, buat yang hostelnya menyediakan. Oleh karena itu, jangan lupa bawa botol minum. Apalagi di tempat umum disana suka ada water tap, jadi bias diisi. Cuman, klo menurut Eon water tap yang enak diminum itu Cuma di Changi hahaa, di tempat umum lain gak enak, bau pipa sih kata Eon.
  2. Makan : Kalo yang mau super irit beli makanan (makanan instan, tinggal dipanasin di microwave) di mini market aja, kayak Seven Eleven, Cheers dll, harganya lumayan ramah, mulai dari $2. Klo mau lebih murah Share makanan yang lumayan banyak sama temen. Oh iya klo mau juga kamu prepare pop mie, buat jaga-jaga. Kadang makan di luar negeri gak sesuai sama lidah kita, jadi terkadang ada baiknya bawa makanan dari Indo, tapi sewajarnya ya, klo banyak banget nanti ditahan di imigrasi hehe. Oh iya buat muslim, makanan di Singapura masih ada label halal kok, cari aja yg ada labelnya, jadi friendly muslim hehe.
  3. Pakaian : Singapura itu panas to the max klo kata Eon, yang biasa tinggal di wilayah dingin. Jadi bawa baju yang ringan, dingin, dan sirkulasinya bagus ya. Jangan lupa pake sunblock dan bawa tissue.
  4. Peralatan : Penting buat kamu tau ini nih, di Singapura itu colokannya rata-rata colokan 3. Kalo beli di indo harganya Rp. 20.000-25.000, kalo di Singapura $2.
  5. Transportasi : buat yang ngirit mah jangan naik grab/taxi, soalnya lumayan, kecuali emang berangkatnya bergerombol, jadi bisa sharing. Tapi klo menurut aku sih enak jalan-jalan ya, lebih berasa travelingnya heuheu, makanya sarannya pakai sepatu yang bener-bener nyaman. Buat MRT kamu buat aja Singapore Tourist Pass (STP) lebih efisien klo yang emang mau ngubek SG dalam 3 hari (paket STP ini ada yag 1 hari , 2 hari dan 3 hari unlimited ). Klo diatas itu biasanya ganti pake yang Kartu MRT Ez-link (tiket MRT seperti Etoll card, hitung per jarak, kartu valid 5 tahun).
  6. Penginapan : Cari penginapan terdekat MRT atau pemberhentian Bus, biar kemana-mana gampang, yang deket ke tempat oleh-oleh.

Nah, sekian ya pengalaman Eon, semoga bermanfaat buat kalian yang mau traveling ke SG. Yeayyyyyyyy!!!!

Waktu Travel : 18 – 21 Oktober 2018

 

LEAVE A COMMENT

RELATED POSTS