Mengenal 10 Langkah Perawatan Wajah ala Korea Secara Medis

Demam Kpop yang melanda dunia masih berdampak sampai sekarang, hal itu berdampak pula pada kehidupan para KPopers. Para artis atau Idol yang dikenal memiliki kulit mulus, putih, tanpa jerawat dengan pori-pori yang tak terlihat sungguh menjadi impian para wanita di dunia. Tak sedikit produk-produk korea yang biasa digunakan oleh para artis atau idol dapat ditemukan dan di beli baik secara online maupun langsung (Di Convenience Store ).

Perawatan korea ini dikenal memiliki 10 langkah yang harus dilakukan. Tentu hanya dengan mengetahuinya saja terasa sangat Panjang, dan membutuhkan waktu yang lama. Apalagi bagi perempuan yang memang dasarnya  tidak begitu memperhatikan perawatan wajah (Seperti Eon ^_^). Nah berikut 10 langkah rangkaian perawatan wajah yang perlu kamu ketahui.

Membersihkan

Dalam perawatan wajah ala Korea, membersihkan kulit dilakukan dengan 4 tahap, yaitu :

  1. menggunakan pembersih makeup (makeup remover),
  2. sabun wajah (cleansing),
  3. scrub (exfoliate),
  4. dan toner untuk menghilangkan sisa minyak serta kotoran yang mungkin masih menempel.

Melembapkan

Melembapkan wajah dibagi menjadi 5 tahap, yaitu:

  1. menggunakan essence,
  2. serum,
  3. masker,
  4. pelembap (moisturizer), dan
  5. krim untuk bawah mata. Semuanya ditujukan untuk menghidrasi kulit wajah Anda.

Melindungi

Menggunakan tabir surya adalah langkah terakhir perawatan kulit ala Korea. Jadi, tujuanya adalah melindungi kulit dari sinar UV yang bisa merusak kulit.

Jadi totalnya 10 langkah yaa chingudeul. Tapi ini belum dengan rangkaian kosmetik, dimana ada face primer, foundation, concealer, cushion, powder dll. OMG pusing pala Eon (@o@).

Apa saja manfaat jika menerapkan semua langkahnya?

Secara medis, pasti chingudeul akan mendapatkan manfaat saat melakukan 10 langkah perawatan wajah ala Korea ini. Hal ini karena semua langkah tersebut memenuhi tiga pilar utama dalam merawat kulit. Oleh sebab itu, kulit bisa menjadi semakin baik dan terawat jika produk yang digunakan juga tepat dan cocok.

Tapi, sebenarnya tidak perlu melakukan semua rangkaiannya untuk mendapatkan manfaatnya. Ingat, poin utamanya yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi. Jadi, menggunakan satu produk saja dari tiap poin sebenarnya sudah cukup bisa memberikan perawatan maksimal untuk kulit wajah.

Saat  tidak menggunakan makeup misalnya, tentu saja tidak perlu menggunakan pembersih khusus sebelumnya. Chingudeul bisa langsung menggunakan sabun pembersih wajah. Setelah itu, juga bisa langsung menggunakan pelembap tanpa perlu menggunakan essence, serum, masker, dan krim bawah mata. Setelahnya, barulah gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang bisa merusaknya.

Intinya, tidak perlu melakukan semua langkahnya untuk mendapatkan manfaat. tetap bisa memiliki kulit yang sehat dan terawat asal memenuhi tiga pilar utamanya yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi.

Efek samping yang ditimbulkan dari perawatan kulit ini

Efek samping yang muncul tentu akan berbeda pada tiap orangnya. Misalnya, jika chingudeul punya kulit yang berminyak, maka 10 langkah perawatan wajah ala Korea ini bisa memperparahnya. Jika kulit wajah sudah berminyak, cukup menggunakan moisturizer saja untuk melembapkan kulit tanpa perlu produk lainnya.

Sebaliknya, saat chingudeul memiliki kulit yang kering dan melakukan eksfoliasi berlebih ditambah lagi dengan menggunakan toner, maka kulit bisa semakin kering. Hal ini karena toner bersifat astringent yang bisa mengeringkan kulit.

Belum lagi jika chingudeul menggunakan produk yang tidak cocok atau kandungannya terlalu keras, bukan tidak mungkin iritasi atau jerawat bisa muncul. Terlebih, mengaplikasikan 10 langkah perawatan wajah ala Korea tandanya ada banyak produk berbahan kimia yang menumpuk di kulit wajah.

Nah, karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit (Sp.KK) sebelum mencoba tren perawatan kulit yang satu ini. Jangan sampai kulit wajah kamju justru mengalami masalah yang lebih parah hanya karena ikut-ikutan tren. Jika hal ini terjadi,  Anda justru akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk memperbaiki wajah yang rusak.

Source : hellosehat.com

Oleh : dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK

LEAVE A COMMENT

RELATED POSTS