Cara Mengembalikan Data Flashdisk yang Menghilang (Terhidden)

Hai Semua!!!!

Kawan-kawan di artikel ini Eon bakal kasih kamu tips berguna klo menurut Eon sih. Kejadian ini pasti sering terjadi kalo kamu suka memindahkan data menggunakan flashdisk atau harddisk external. Apalagi jika kamu memindahkan data dari rental atau warnet, yang sangat rentan dengan virus atau auto protect system yang bisa menghilangkan data kamu.

Biasanya saat membuka kembali flashdisk di leptop pribadi kamu, hal yang tampak adalah halaman Removable disk kamu akan kosong melompong. Tentu kaget pasti ya, apalagi jika isinya dokumen-dokumen penting, revisi skripsi atau harta karun (it’s mean donlotan klo buat Eon). Nah cup cup, jangan nangis dulu. Nih Eon kasih tau cara mengembalikan data tersebut.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan :

  1. Check properties dari folder atau flashdisk kamu, kali aja kamu salah sangka, ternyata kamu gak sengaja neghidden file kamu sendiri (Konyol case nya)
  2. Jika ternyata cara pertama tidak berhasil, kamu bisa gunakan CMD atau Command Prompt, langkah-langkahnya sebagai berikut :
  3. Gampang sekali yaitu dengan tombol Windows+R, kemudian ketikkan cmd dan tekan Enter atau OK.
  4. Setelah kalian masuk ke Command Prompt, selanjutnya kalian masuk ke drive flashdisk kalian. Jika flashdisk kalian berada pada drive (F:) maka untuk masuk kalian tinggal mengetikkan “F:” kemudian Enter. Apabila ada di drive lain tinggal ganti “F:” menjadi drive yang ditempati flashdisk kalian.
  5. Setelah kalian masuk dalam drive flashdisk tadi, selanjutnya kalian harus ketikkan perintah : attrib -s -h *.* /s /d

Keterangan:

  • attrib -> adalah attribut.
  • – (minus) ->  untuk memunculkan file yang terhidden. Tanda minus ini bisa kalian ganti menjadi tanda plus (+) jika kalian ingin menghiden data atau file yang terdapat dalam flashdisk. Contoh pertintah untuk menghidden adalah attrib +s +h *.* /s /d).
  • -s -> berfungsi untuk mengembalikan file dari system, Supaya file yang terhidden tadi bisa dikenali oleh System Windows.
  • -h -> perintah ini berfungsi untuk menampilkan file yang terhidden di flashdisk.
  • -r -> berfungsi untuk memberi perintah hanya membaca atau read only.
  • *.* -> perintah ini digunakan untuk file yang mempunyai ekstensi file. perintah *.* berarti perintah utnuk menampilkan semua ekstensi yang ada dalam flashdisk kalian. Tapi jika kalian ingin mengembalikan file vidio saja, kalian harus mengganti formatnya menjadi *.mp4, jika ingin menampilkan gambar makan formatnya diganti *.jpg atau *.png. Dan seterusnya terserah kalian ingin menampilan format yang bagaimana.

Setelah kalian menggetikkan perintah di atas, kalian tinggal tekan enter dan tungu beberapa saat. sampai proses selesai. Untuk memastikan semua data benar-benar kembali, lakukan perintah di atas beberapa kali. Cek flashdisk kalian, apakah semua data sudah kembali atau belum.

Setelah semua file benar-benar kembali. Kalian dapat menutup jendela Command Prompt dengan mengklik tombol close, atau bisa juga mengetikkan exit kemudian enter.

Note: Saat data sudah kembali seperti yang kalian inginkan, biasanya disitu terdapat duplicate file yang ditinggal oleh virus yang tadinya bersarang di flashdisk kalian. Kalian bisa menghapus duplicate file tersebut secara permanen dengan menekan tombol Shift+Del.

Nah, biasanya cara itu ampuh banget buat Eon, berhubung Eon Flasdiknya suka berjelajah. Eon juga tau ini dari www.mastekno.com makasih ya tips nya buak Eon ini guna banget.

Semoga bermanfaat buat kalian \ (@-@ ) /

LEAVE A COMMENT

RELATED POSTS